Thursday 15 October 2015

Catatan Seorang Pengangguran III

Bukan seperti Catatan Seorang Pengangguran I dan II yang berisi kegalauan akibat belum mendapat kerja setelah resmi menjadi sarjana. Saya sekarang pengangguran karena reisgn dari perusahaan tempat bekerja saya dulu dan sedang menunggu panggilan ataupun test di perusahaan - perusahaan lain yang sudah saya apply. Seperti yang saya sebutkan di atas, saya tidak akan bergalau ria, saya akan berbagi tips yang semoga saja bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Menjadi pengangguran bukanlah aib, yang menjadi aib adalah ketika melanggar hukum dan agama. Menjadi pengangguran sebenarnya memberikan anda banyak kesempatan untuk berkarya untuk merenungi apa sebenarnya potensi anda. Hal semacam ini tidak akan anda dapatkan ketika anda telah mendapat pekerjaan. Anda tidak akan punya kesempatan berkarya selain karya anda di kantor karena waktu anda sudah tercurah di kantor. Di rumah anda tidak akan bisa menekuni apa kesenangan anda karena pulang sudah capek dan anda membutuhkan istirahat. Saya punya beberapa tips bagi pengangguran sebelum anda terlalu depresi karena terlalu lama menganggur.

1. Bersyukur
Menjadi nganggur harus disyukuri karena ketika anda telah sibuk bekerja anda pasti akan merindukan nikmatnya nganggur. Dengan bersyukur pula anda tidak akan merasa depresi karena merasa sebagai orang yang tidak berguna.

2. Membaca
Kapan lagi anda punya banyak waktu untuk membaca selain liburan. Menganggur membuat anda memiliki banyak waktu untuk mengupgrade kemampuan anda lewat membaca dan kalau bisa praktekkan yang anda baca itu sebisa mungkin.

3. Kursus
Selain membaca, untuk memperbaiki kualitas diri adalah dengan mengikuti kursus. Dengan menganggur kamu jadi bisa kursus menyetir mobil bagi kamu yang belum bisa nyetir, kurus menyelam atau kursus bahasa asing bila perlu.

4. Jalan - jalan
Ketikan anda sudah  bekerja anda hanya punya waktu jalan - jalan pada weekend. Saat pengangguran kamu bisa jalan - jalan kemanapun anda mau, seperti keliling indonesia. Masalah biaya anda bisa menjadi backpacker mumpung masih muda.

5. Check Up Kesehatan
Manfaatkanlah waktu nganggur anda untuk check up kesehatan bagi yang punya penyakit tertentu. kalau perlu terapi untuk menyembuhkan penyakit yang mungkin anda derita. Karena biasanya terapi membutuhkan waktu yang tidak sedikit, dan waktu itu hanya anda dapatkan ketika menganggur.

6. Olah raga
Olah raga sangat penting bagi kesehatan manusia. Seringkali olah raga ini dilupakan oleh kebanyakan orang ketika telah sibuk bekerja. Waktu nganggur ini sangat baik anda manfaatkan untuk memperbaiki kualitas tubuh anda. Kalau perlu anda bisa daftar ke tempat pelatihan kebugaran

7. Ngeblog
Daripada anda bosan karena gak ada kerjaan dan buku yang anda baca sudah terlampau banyak, tidak ada salahnya anda mencurahkan isi otak anda pada sebuah tulisan. Walaupun Blog anda nantinya tidak ada yang membaca, setidaknya melakukan blogging membuat otak anda tetap bekerja walaupun hanya sedikit.

8. Silaturahmi
Waktu nganggur bisa juga anda manfaatkan untuk silaturahmi ke saudara atau teman lama. Siapa tau dengan silaturahami anda bisa mendapatkan info lowongan atau bahkan anda bisa diajak join bisinis, siapa tahu. Karena siltarahmi itu memperpanjang umur dan rejeki.

9. Ibadah
Seyogyanya ibadah harus dilaksanakan di waktu sempit atau lapang. Namun, ketika anda menjadi pengangguran intensitas ibadah anda tidak salah jika ditingkatkan, terutama ibadah - ibadah sunah yang bisa memperlancar rejeki.

Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan dikala anda menjadi pengangguran. Tetaplah berusaha dan berdoa untuk kehidupan yang lebih baik.


Artikel menarik lainnya :

Nizar Aditya

About Nizar Aditya

I'm an Engineer, Writer and Dreamer

2 komentar

Write komentar
Sendal Japit
AUTHOR
2 November 2015 at 11:24 delete

Hey broh, How long you get the first job after graduate? Are you still jobless now?

Reply
avatar
Nizar Aditya
AUTHOR
2 November 2015 at 12:18 delete

2 months after graduate I get a job
and now, I've a job, jobfair adventurer

Reply
avatar