Tuesday 17 November 2015

Komputer

Saat ini, hampir setiap segi kehidupan sebagian besar manusia modern tidak bisa lepas dari yang disebut dengan komputer. Mulai dari membuat dokumen sampai berkirim surat semuanya dapat dilakukan dengan menggunakan komputer. Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita tengok dulu jauh ke belakang mengapa alat yang sekarang kita sebut dengan komputer itu dinamai dengan komputer.

Komputer merupakan serapan dari bahasa inggris Computer. Sedangkan computer berasal dari kata dasar compute yang berarti hitung. Kita memdongeng sebentar. Dahulu kala sekitar tahun 1600an, seseorang yang yang menghitung itu disebut dengan Computer. Kemudian, sekitar tahun 1850an, ketika cikal bakal perang dunia mulia berkecamuk, istilah computer ditujukan untuk sebuah alat mekanik  yang digunakan untuk menghitung. Seiring tidak puasnya manusia terhadap kinerja alat mekanik itu, manusia menciptakan sebuah alat hitung elektronik. Dari alat hitung elektronik kemudian berkembang menjadi digital. Tak sampai disitu, selain digunakan sebagai alat hitung, komputer modern telah bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Sifat manusia yang tidak pernah puas telah melahirkan perkembangan teknologi (Baca Juga : Teknologi).

Karena perkembangannya sampai saat ini, istilah komputer telah bertransformasi. Pada saat ini komputer adalah serangkaian alat elektronik yang terdiri atas beberapa bagian yang bekerja sama membuat sistem kerja untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan secara otomatis berdasarkan urutan istruksi atau program yang telah diberikan kepadanya sehingga menghasilkan informasi atau data. Untuk saat ini itulah arti dari komputer. Seiring perkembangan jaman, mungkin saja istilah komputer akan berubah.

Berdasarkan istilah di atas, komputer adalah serangkaian alat Elektronik yang saling yang saling bekerja sama. Dari pernyataan ini pasti menimbulkan beberapa pertanyaan di benak anda, seperti : alat elektronik apa saja yang bisa bekerja sama sehingga membentuk sebuah komputer? Apa syarat minimal sebuah sistem itu disebut dengan komputer? Untuk itu lihat gambar di bawah ini.
Komputer
Dari gambar di atas, komputer terdiri atas perangkat masukan (Input), Keluaran (Output), CPU / Procerssor dan Memory yang terdiri atas RAM dan ROM.

Perangkat Masukan (Input)
Kita bahas mulai dari perangkat masukan. Perangkat masukan adalah perangkat untuk memasukkan data dari luar komputer ke dalam komputer. Tanpa perangkat masukan, sebuah komputer tidak akan ada data yang akan diolah. Dengan adanya perangkat masukan ini, komputer akan ada bahan untuk diolah. Selain itu, perangkat masukan ini berfungsi sebagai alat memberikan perintah pada komputer. Contoh perangkat masukan antara lain : Keyboard, mouse / touchpad, joystick.

Perangkat Keluaran (Output)
Sedangkan perangkat keluaran atau sering kita sebut dengan output adalah perangkat untuk mengeluarkan hasil olahan. Banyak sekali perangkat keluaran ini. Tergantung kebutuhan seseorang untuk apa data yang diolah tersebut. Misal seoarang desain grafis Cuma butuh monitor sebagai alat keluaran. Lain lagi dengan seoarang musisi, pasti butuh sound sistem untuk perangkat keluarannya. Contoh perangkat keluaran antara lain : Monitor, Sound System, Printer, LCD dan lain lain.

Apakah Ada Perangkat Masukan Sekaligus Perangkat Keluaran?
Jawabannya adalah ADA. Tidak sulit ditemui sebuah perangkat yang difungsikan sebagai masukan sekaligus keluaran. Anda sudah tidak asing lagi kan dengan layar sentuh? Layar sentuh merupakan contoh perangkat yang bisa sebagai masukan dan keluaran.

Ada Lagi Contohnya Selain Layar TouchScreen?
Anda pasti juga sudah tidak asing dengan internet bukan? Ketika anda membaca tulisan ini, sudah pasti anda menggunakan internet. Entah dari smartphone atau PC. Tanpa sadar ketika anda membuka halaman internet, anda sebenarya telah memasukkan data dari internet ke smartphone atau PC anda kemudian diolah oleh processor dan kemudian dikeluarkan ke layar monitor anda. Sebaliknya, ketika anda komentar atau membuat postingan di media sosial, tanpa sadar anda telah mengeluarkan data ke internet melalui network card yang ada di smartphone atau PC anda. Jadi Perangkat yang bisa digunakan sebagai perangkat masukan sekaligus perangkat keluaran adalah Network Card.

Satu lagi contoh perangkat masukan sekaligus bisa untuk perangkat keluaran. Perangkat ini adalah Hardisk, Removable Disk / Flash Disk dan Solid State Disk.

Itu kan termasuk Storage?

Ya, benar yang saya sebutkan di atas adalah storage. Tapi apakah storage ada digram di atas? Tidak kan? Storage adalah sebuah perangkat untuk menyimpan data. Ketika anda menyimpan data, terjadilah proses penulisan data ke dalam storage tersebut. Ketika menulis tersebut, terjadilah proses mngeluarkan data dari sistem komputer. Berarti menyimpan ke dalam storage adalah proses mngeluarkan data ke output device. Sebaliknya, proses memanggil kembali data yang telah disimpan adalah membaca file. Sama saja proses ini adalah memasukka data dari perangat masukan. Jadi dapat disimpulkan bahwa storage adalah perangkat masukan sekaligus perangkat keluaran.

CPU
Banyak yang mengira, CPU adalah seperangkat besar besar seperti gambar di bawah ini bukan?
Komputer
Kalau gambar di atas itu adalah seperangkat komputer. Itu sudah lengkap disebut dengan komputer lengkap dengan I / O Port nya. Hanya minus perangkat masukan dan keluaran. Itulah salah kaprah. Yang benar CPU itu seperti gambar di bawah ini.
CPU / Processor
CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit. CPU inilah yang sering kita sebut sebagai Prosesor. Dari namanya sudah jelas bahwa fungsi dari perangkat ini adalah untuk memproses data dari perangkat masukan kemudian dikeluarkan ke perangkan keluaran. Tentunya melalui proses yang telah digambarkan pada diagram di atas.

CPU terdiri atas Aritmethic Logic Unit disingkat ALU dan Control Unit atau CU.

a) Aritmethic Logic Unit (ALU)
ALU adalah sirkuit digital yang digunakan untuk mengolah bilangan biner pada prosesor (Baca Juga : Bilangan Biner). ALU bertugas melakukan operasi-operasi aritmatika dan logika sesuai dengan perintah atau instruksi yang diberikan. seperti yang telah disebutkan, ALU terdiri dari sirkuit elektronik yang membuatnya mampu melaksanakan operasi aritmatika dan logika. ALU mengeksekusi instruksi dan melakukan perhitungan (tambah, kali, kurang, dan bagi) dan perbandingan. Disinlah komputer sampai sekarang disebut dengan komputer karena mengolah dan menghitung angka atau bilangan. ALU juga mampu membandingkan huruf, angka, atau karakter khusus. Komponen dari rangkaian logika pada ALU adalah gerbanggerbang logika AND, OR, XOR, dan NOT.

b) Control Unit (CU)
Bagian lain dari CPU adalah Control Unit atau CU. Dalam Prosesor, CU berfungsi sebagai pengendali atau pengarah operasi yang dilakukan ALU. Dengan adanya CU, ALU tahu mana yang diproses dengan mana. Jadi jika ada banyak data ALU tidak akan salah meprosesnya. CU ini memeastikan bahwa ALU tidak akan ada data yang tertukar.

c) Register
Satu lagi bagian dari CPU. Bagian ini disebut dengan register. Register merupakan perangkat memori sementara yang menyimpan data. Register membantu CPU dalam melaksanakan instruksi. Mereka dikelola oleh unit kontrol. Register berfungsi untuk tempat penyimpanan yang berisi data dan informasi lainnya yang sering dibutuhkan ketika sebuah program sedang berjalan. Register dimaksudkan untuk dapat diakses dengan sangat cepat.

Memory
Mengacu pada diagram, sampailah kita pada bagian akhir perangkat yang menysun komputer. Memori merupakan media penyimpanan program maupun data. Memori dapat dibedakan menjadi dua yaitu Read Only Memory (ROM) dan Random Access Memory (RAM). ROM adalah memori non-volatil yang digunakan untuk menyimpan data secara permanen. Data yang disimpan hanya dapat dibaca, tidak dapat diubah, dan isinya tidak hilang ketika catuan dimatikan. Sedangkan RAM adalah tempat penyimpanan sementara yang berisi alamat yang isinya dapat dibaca dan dimodifikasi. Memori ini bersifat volatil, isinya akan hilang ketika catuan dimatikan.fungsi dari RAM ini mirip dengan register yaitu menyimpan informasi ketika komputer sedang berjalan.

Akhirnya tuntas juga pembahasan tentang komputer. Jadi dapat disimpulkan, komputer adalah sebuah alat yang mengolah data dengan prosesor berdasarkan data dari perangkat masukan dan hasil olahan data tersebut dikelarkan ke perangkat keluaran. Semua perangkat digital adalah komputer. Smartphone, konsol game, gimbot dan semua perangkat yang mempunyai ciri dan kemampuan di atas dapat dikategorikan sebagai komputer. Sekian dari saya semoga bermanfaat.


Artikel menarik lainnya :

Nizar Aditya

About Nizar Aditya

I'm an Engineer, Writer and Dreamer